Kamis, 17 April 2008

Manfaat dan Hikmah bersuci dari Najis

Yang dimaksud dengan bersuci dari najis ialah membersihkan badan,pakaian,dan tempat (terutama yang berhubungan dengan suatu ibadah yang mengharuskan bersih atau suci dari najis) dengan menggunakan alat bersuci seperti air sesuai dengan ketentuan air yang dapat dipakai untuk bersuci. Najis adalah lawan dari suci dan najis merupakan istilah yang digunakan untuk dua perkara yaitu hadats dan khubts. Akan tetapi,menurut bahasa pengunaan istilah najis ialah untuk suatu yang kotor baik yang bersifat hissy (inderawi) seperti darah, kencing, tinja, dan sebagainya,maupun yang bersifat ma’nawi (abstrak),seperti dosa. Diantara manfaat dan hikmah bersuci yaitu:

*Mendidik manusia agar terbiasa hidup bersih,terutama ketika hendak menghadap Tuhannya.

*Menjaga kebersihan berarti menjaga diri dari timbulnya penyakit,sebab penyakit biasanya mudah timbul bila kotor.

*Dapat dijadikan sarana untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan.

*Untuk lebih memperluas dan menjalin hubungan antara manusia,sekaligus menghindarkan diri dari ketidaksenangan orang lain akibat kebersihan kita.

*Bersuci adalah bagian dari iman, sebagaimana sabda Nabi SAW.

ﺍﻠﻧﻆﺎﻓﺔ ﻣﻦ ﺍﻹﻴﻣﺎﻦ

Artinya:

“Bersuci adalah separuh dari iman”

Selanjutnya, agar manfaat dan hikmah bersuci dari najis dapat dirasakan lebih besar lagi, cobalah anda praktikan. Dan bahkan anda diskusikan bersama teman-teman dengan dibimbing oleh Bapak dan Ibu guru, sehingga kebersihan dan kesucian benar-benar sebagai suatu kebutuhan buat kita semua.

Tidak ada komentar: